Senin, 08 Agustus 2011

kompressor kulkas

Overhaul kompresor

Meskipun kompresor kulkas tidak dirancang untuk bisa diperbaiki ulang tetapi bukan montir namanya kalau belum tahu bagaimana cara mengakali nya, hal ini akan membuat pelanggan kita merasa sedikit lega karena biaya untuk mengganti kompresor baru cukup tinggi sedangkan apabila cukup diperbaiki biayanya tidak sampai separuh harga beli kompresor baru.
Memperbaiki kompresor perlu keahlian, ketelitian dan kesabaran tinggi karena pengerjaan nya tidak bisa sembarangan dan perlu perlakuan khusus saat mengerjakan nya, ibarat jantung manusia yang memompa
darah melalui nadi dan pembuluh-pembuluh nya, pada sistem pendingin kulkas pun demikian, ada masa nya lubang atau saluran pipa-pipa nya menyempit bahkan pipa terkecil nya ( kapiler ) menjadi buntu karena tertutup kotoran yang terbawa cairan pendingin dan oli , benar-benar mirip manusia yang terkena stroke karena darah yang dipompa jantung nya tidak lancar karena darah kotor dan penyempitan, kulkas maupun sistem pendingin lain pun demikian, kompresor nya bisa berhenti bekerja atau rusak jika sudah mengalami keausan atau gulungan nya terbakar oleh berbagai penyebab.
Kompresor masih bisa diperbaiki dengan cara cangkang ( casing ) dibuka dengan cara menggergaji nya, periksalah bagian mekanis nya terlebih dahulu karena untuk kompresor kulkas tidak dijual komponen-komponen nya secara terpisah, kalau terjadi keausan sebaiknya tidak sampai lebih dari 5% karena makin tinggi tingkat keausan maka makin besar kemungkinan gagal nya pekerjaan.

Jika kerusakannya karena terbakar bisa dilakukan lilit atau gulung ulang koil nya tetapi pekerjaan ini pun perlu dilakukan dengan cara yang benar, usahakan melakukan gulung ulang dengan hasil yang sama dengan asli nya baik diameter kawat tembaga maupun nilai resistance nya agar tenaga yang dihasilkannya sesuai kapasitas dan tidak malah menghasilkan panas yang berlebihan saat ada beban


pertama-tama siapkan peralatan untuk membelah mesin kompresor kulkas.
                                                              . obeng


                                                                   . bermacam tang
                                                                     . gergaji
                                                  . dan kompresor yang mau di belah/di oprasi
 siapkan kompresor dan lihat secara jeli bagian mana yang akan kita belah.
 kita ambil di bagian tengah sambungan kompresor lalu kita gergaji, hati-hati jangan sampai tembus/ kena spulnya.
seperti ini hasil yang kita belah tadi dari sudut samping, udah kelihatan sekat-sekat dalam kompresor'
seperti ini hasil yang kita belah tadi dari sudut atas udah kelihatan sekat-sekatnya.
seperti ini hasil yang kita belah tadi dari sudut sebelah atas udah kelihatan sekat-sekatnya.
seperti ini hasil yang kita belah tadi dari sudut samping atas udah kelihatan sekat-sekatnya.
setelah kita mengangkat sekat kompresor seperti ini hasilnya.
ini bagian as dan seker pada kompresor, yang sering terjadinya kompresor macet.
solusinya :  . bungkar di bagian seker dan bersihkan pakai amplas dan putar-putas as sekernya.
setelah seker bersih coba dulu/ nyalakan mesin kompresor.
cek keluarnya angin, cika di tutup pakai jari jari gak mampu tekan berarti mesin udah normal
cek masuknya angin, cika di tutup pakai jari masih mampu hisap berarti mesin udah normal
 jika udah terasa normal semua pasang kembali penutup mesin kompresor pakai las listrik.
moga bermanfa'at




Bila anda tidak mengetahui besarnya kapasitas compressor/pk lemari es yg akan anda ganti, sebaiknya anda mencatat kode/type lemari es tersebut lalu anda tanyakan pada showroom merk lemari es tersebut. bila compressor yg akan anda ganti kapasitasnya kebesaran atau kekecilan akan membuat kinerja lemari es tersebut bekerja tidak maksimal. perlu juga anda ketahui pengisian freon pada lemari es, tidak semudah melakukan pengisian freon pada ac split.

Ini dikarenakan lemari es menggunakan pipa kapiler yg ukurannya berbeda dengan pipa kapiler yg digunakan pada ac split dan ac window.
dengan pipa kapiler yg berukuran kecil membuat rentan terhadap kebuntuan aliran freon jika ada kotoran yg terbawa pada saat freon mengalir.
ganti strainer dan pipa kapiler dengan yg baru bila anda ingin mengganti compressor yg rusak dengan compressor yg baru.

Alat yg dibutuhkan untuk mengganti compressor lemari es adalah :
1. alat-alat pengelasan yaitu tabung lpg dan tabung oksigen.
2. manifold.
3. freon 12 atau freon 134A tergantung pada data spesifikasi yg ada pada lemari es.
4. pentil pengisian freon.
5. perak/kawat las tembaga.
6. pemotong pipa/cutter
7. flare-nut/flereng
8. tools/kunci perkakas


Compressor lemari es ada dua macam yaitu:
1. compressor piston
2. compressor rotary
compressor piston banyak dipakai pada lemari es satu pintu dan dua pintu, tapi pada lemari es dua pintu ada juga yg memakai compressor jenis rotary. Dalam hal kwalitas sudah jelas compressor jenis pistonlah yg paling handal dibandingkan dengan compressor jenis rotary.

saya pernah mengganti compressor lemari es dengan jenis rotary, pada hari pertama sampai hari ketiga, lemari es tidak ada masalah(dalam keadaan dingin/normal). Pada hari keempat lemari es mengalami kebuntuan aliran freon pada pipa kapiler yg menyebabkan compressor rotary mengalami kerusakan pada bagian klep compressor. Mau tidak mau saya harus mengganti compressor yg rusak itu dengan compressor yg baru kembali. Tapi tidak saya ganti dengan type compressor yg sama, saya menggantinya dengan compressor berjenis piston walaupun saya harus membuat dudukan tambahan karena ruang dudukan compressor rotary yg begitu sempit. Karena compressor rotary pada lemari es berbentuk tabung dan berposisi horizontal dalam penempatannya.

compressor piston pada lemari es, pipa keluarannya ada yg tiga buah dan lima buah. Adapun pipa-pipa yg keluar tiga buah adalah:
- satu pipa tekan/discharge.
- satu pipa hisap/suction.
- satu pipa untuk pengisian freon.

pipa-pipa yg keluar lima buah adalah:
- satu pipa tekan/discharge
- satu pipa hisap/suction
- satu pipa untuk pengisian freon.
- dua pipa untuk pendinginan oli compressor yg terletak pada bagian bawah compressor.

Sebelum kita melepaskan compressor yg rusak yaitu dengan cara memanaskan sambungan pipa tekan dan sambungan pipa hisap dengan menggunakan alat pengelasan. Dan sebelum anda melakukan pelepasan pipa yg berada dibagian compressor, cabut kabel-kabel yg menuju ke compressor dan pastikan freon pada sistem pendingin/lemari es, sudah anda buang !!! semuanya. Yaitu dengan cara memutuskan ujung dari pipa ukuran 1/8 (panjang sekitar 10 cm) yg berada pada strainer atau membuangnya lewat pentil pengisian freon.

Setelah compressor terlepas dari dudukannya pasang compressor yg baru, bila compressor yg anda ganti menggunakan starting capassitor berarti ada tiga kabel yg menuju ke terminal compressor, jika tidak menggunakannya berarti hanya dua kabel yg menuju ke compressor.
saya sarankan sebelum melakukan pengelasan, coba dulu menjalankan compressor.
sebab bila ujung pipa sudah di las, compressor mengalami kerusakan/macet kita tidak dapat menukarnya kembali.

bila compressor dapat beroperasi barulah anda melakukan pengelasan pada pipa tekan dan pipa hisap. bila jalur pipa tekan terbuat dari besi, sewaktu anda mengelas pergunakan boraks agar jalur pipa tekan dapat menyatu dengan pipa tekan tembaga yg keluar dari comppressor.

setelah pengelasan pipa hisap dan pipa tekan sudah selesai, beralih pada pengelasan pentil pengisian freon. sewaktu melakukan pengelasan pentil, buka pentil agar seal/karet tidak meleleh terkena hantaran panas, setelah terpasang dan lap dengan kain basah agar hawa panas pada pentil menghilang, setelah itu pasang kembali pentil seal dan kencangkan.

beralih ketahap pemasangan strainer, terserah anda mau memakai strainer isi silica gel atau strainer kosong/tanpa isi silica gel. strainer, lubang pengeluaran untuk pipa kapiler ada yg 2 lubang dan 1 lubang (yg dua lubang satunya buat vakum, pasang kapiler 10 cm dan ujungnya biarkan terbuka jgn dilas.) bila pipa kapiler yg berada pada lemari es anda tidak dapat diganti/heat exchanger (pipa kapiler berada didalam jalur pipa hisap/suction) dan pipa kapiler mengalami kebuntuan, anda dapat menggantinya dengan cara melepaskan evaporator yaitu dengan cara memanaskan dengan alat las, tapi sebelumnya luruskan pipa kapiler agar lebih mudah menarik evaporator keluar.

pada type lemari es jaman sekarang jalur pipa suction/hisap dan kapiler dipress didalam body lemari es tersebut. bila anda ingin mengganti pipa kapiler bisa lewat jalur pembuangan air atau membolongi body kulkas dengan bor listrik, tapi hati-hati jangan sampai mengenai pipa condenser. jadi jalur pipa suction dan pipa kapiler berada diluar body lemari es.

setelah strainer dan pipa kapiler terpasang/sudah dilas, vakum lemari es dengan mesin vakum sampai angka 30" bila anda tidak mempunyai mesin vakum, lakukan vakum melalui lubang strainer. bila sudah divakum dan jarum pada manifold tidak naik keatas berarti tidak ada kebocoran pada sambungan pipa dicompressor, strainer dan pipa kapiler yg baru saja anda las.
tapi bila jarum manifold masih naik keatas berarti masih ada kebocoran, cari sampai ketemu kebocoran tersebut. cara penggunaan manifold sudah saya pernah tulis, silahkan baca terlebih dahulu yg belum mengerti cara penggunaan manifold.

setelah tidak ada ruang kebocoran, operasionalkan lemari es, buka kran manifold pada meter biru kearah kiri sambil melihat jarum yg ada pada manifold dan isi freon secara perlahan-lahan sampai jarum menunjukan angka 20 psi, kemudian stop. (lakukan berulang-ulang jangan langsung isi sampai 20 psi agar compressor tidak cepat panas) chek juga ampere compressor dengan clamp meter/tang ampere.

liat sudah berapa tekanan freon yg sudah kita isi, sambil mendengarkan apakah ada desiran aliran freon dievaporator. bila ada berarti aliran freon berjalan lancar, isi kembali sampai evaporator rata dipenuhi salju(ini untuk lemari es satu pintu) untuk lemari es dua pintu kita bisa melihatnya dari hembusan fan motornya dibagian pintu atas bila sudah mengeluarkan kabut berarti proses pendinginannya sudah maksimal.

untuk pengisian freon lemari es tidak dapat dilakukan secara cepat dan mudah seperti mengisi freon pada ac split dan dibutuhkan kesabaran bila ternyata setelah kita isi satu jam kemudian aliran freon mengalami kebuntuan. untuk mengetahui lemari es yg mengalami kebuntuan, sewaktu kita melakukan pengisian freon dan manifold sudah menunjukan tekanan 10 psi lalu cabut steker lemari es dan lihat apa jarum manifold naik keatas melebihi dari 10 psi?
bila jarum dapat naik keatas berarti aliran freon pada sistem berjalan lancar.

Rabu, 03 Agustus 2011

Kampungku Semakin Di Depan









Lomba kebersihan antar kampung 2011

Mio kampungku semakin di depan. Brebes. Tegal. Kab-tegal. Pemalang. Pekalongan. Kab-pekalongan. Batang. Kendal. Semarang. Kab-semarang. Demak. Kudus. Pati. Rembang. Blora. Purwodadi. Salatiga

Bareng Mio yang makin asyik Ayo, bikin kampungmu makin cantik Hadiah Total 50 juta ,
Bantuan yamaha 500 Ribu untuk 100 peserta.
Pelaksanaan lomba 20 juli- 20 agustus 2011 , pengumuman pemenang 22 Agustus 2011


kriteria lomba :

1. Kebersihan dan kerapian lingkungan kampung.
2. Kebersihan dan estetika taman di lingkungan kampung
3.kekompakan dan antusiasme warga dalam mengikuti lomba
4. Kreasi dan kreatifitas warga dalam menata dan menempatkan material promo dari yamaha
5. Kreatifitas warga dalam bentuk aktifitas saat penjurian dilaksanakan










Dalam dirgahayu Ri ke 66 , Dealer Yamaha Cahaya Kencana Sakti memberikan kesempatan kepada warga Pekajangan khususnya Gg. 15 ketimur sebagai peserta lomba kampungku semakin di depan.
Dari warga pekajangan khususnya Gg. 15 ketimur, sudah mempesiapkan segala sesuatunya mulai penataan tempat/pusat lokasi yang di jadikan sebagai kreasi dan kreatifitas warga gg. 15 ketimur tepatnya di perempatan ya. ., di situ dari poskampling yang tertata dengan rapi beserta dengan umbul-umbulnya sudah terlihat perbedaan dari sebelumnya. Untuk aktifitas warga sendiri sudah di mulai sejak awal ramadhan .

Semoga saja acara ini , bisa menginspirasi warga pekajangan yang lain, dan sekitarnya sebagai wujud kepedulian kita terhadap kebersihan lingkungan.

Semoga kegiatan ini tidak hanya ada dalam acara ini saja.

SEMOGA SUKSES