Minggu, 11 September 2011

kompresor made in antok





Tak pernah terpikirkan sebelumnya, ide ini ada. Dari rasa keinginan memiliki kompresor mini tapi tak ada dana untuk membelinya. Awalnya saya menggunakan ban dalam trek tronton




kemudian saya gunakan sebagai media penyimpanan angin. Tapi tekanan angin yang di hasilkan kurang, lalu saya juga mencoba tabung kompor pangsit . . tekanan angin yang dihasilkan lumayan. Tapi capek harus berulang kali saya pompa manual, proses pembuatan kompresor yang saya buat sangat sederhana. Saya membeli mesin kulkas bekas, dengan harga 70.000 - dan tabung freon 10.000, belum yang lainnya seperti selang, keran angin, pengatur tekanan angin. Kira2 dengan biaya 150.000 rupiah. . saya bisa merakit kompresor buatan sendiri.







Yang pertama mesin kulkas saya potong bagian tengahnya, kemudian saya bongkar bagian sepul , dan as poros saya putar2 dengan dilumasi oli. . Setelah selesai. Saya coba menyalakan mesinnya dan berasil. Tinggal saya merakit sambungan angin dengan selang yang menuju tabung freon. . Dengan diberi pengukur tekanan dan selang angin sebagai katup alias buka tutup. jangan lupa kita kasih oli pada mesinnya setengah liter, mesin ini dengan daya 100 watt. udah jadi kompresor rakitan sederhana. Yang bisa kita
 gunakan sebagai media penyalur pengecatan . Bisa kita gunakan penbrus atau spray gun. Dengan tekanan angin yang cukup untuk mengecat.



Selamat mencoba. 

16 komentar:

  1. lam kenal buat org2 yg kreatif..

    BalasHapus
  2. Mas pesen dong satu ngehubungin nya kemana ya ? Aku di bdg mas

    BalasHapus
  3. om itu tekanan angin yang disimpan di tabung bisa sampai berapa psa ya om.. trims...

    BalasHapus
  4. maaf om maksud saya berapa psi

    BalasHapus
  5. Jual Tabung Freon Bekas sebanyak = 500 Piece
    Harga Rp.9.500 /Piece
    Lokasi Propinsi Riau
    Hubungi : 082169824666

    BalasHapus
  6. saya mau pesan kompresor kulkasnya aja ada?jayadi085649592810

    BalasHapus
  7. org2 kreatif gak prnh kehabisan ide...

    BalasHapus
  8. mas, saya punya kompresor kulkas, bagaimana cara menghubungkannya dengan kabel, soalnya di kompresor ada 3 colokan kabel. trimakasih

    BalasHapus
  9. Bro saya punya kompresor frezer bisa ngak di ajarin detailnya Katanya dikasih oli segala darimana ngisinya Trus nyambungnya gimana kan ada dua saluran dari kompresornya dan kelistrikannya gimana trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bos. Liha panduan di:
      http://belajarhematt.blogspot.com/2014/04/merakit-kompresor-angin-sendiri.html

      Hapus
  10. gan tekanan angin nya mencapai brpa?buwat paku tembak bisa gk?

    BalasHapus
  11. gan tekanan angin nya mencapai brpa?buwat paku tembak bisa gk?

    BalasHapus
  12. bisa gak beli yg udah jadi mas brooo

    BalasHapus
  13. Klo buat pengecatan suplai anginya kurang mantap apa perlu di modif lagi gan trims....

    BalasHapus
  14. Oli nya setengah liter om... ? Pakai oli mesin motor apa cocok juga

    BalasHapus